Bank Sampah RW.010 Kelurahan Tirtajaya, Menciptakan Pempers Bekas Jadi Karya Seni

 

Potretdepok.com, Sukmajaya- Bank sampah RW.010 Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya Kota Depok, kedatangan tamu istimewa, Ibu wakil walikota Depok, Etty Maryati Salim

Dalam kunjungannya Etty melihat langsung proses penimbangan dari nasabah ke bank sampah. Selain itu ia juga menyaksikan  pembuatan vas bunga dari bahan pempers yang sudah tidak terpakai, yang diperagakan oleh Azzizah Aprilia dan Septian Hendi Prasetyo dari ecovillage green Tirtajaya.

Etty menuturkan persoalan sampah merupakan persoalan  yang harus kita benahi bersama. Dirinya berharap apa yang telah dilakukan oleh RW.010 bisa menular kepada RW lain di Tirtajaya.

“Semoga dengan adanya bank sampah, bisa mengurangi volume sampah yang ada dikota Depok. Keberadaan bank sampah sangatlah penting, disamping tadi bisa menekan volume sampah, juga bisa bernilai ekonomis. Untuk itulah kita perlu sosialisasi pentingnya bank sampah ke seluruh RW”ujar Etty kepada media, Selasa (16/03/2021)

Sementara lurah Tirtajaya Mohammad Imron mengatakan, sangat senang dengan adanya bank sampah di RW.010. Ia berharap bisa semakin banyak keberadaan bank sampah disetiap RW.

“RW. 010 cluster Acasia ini, warganya banyak yang sibuk, tapi mampu membuat bank sampah. Karena kebersamaan ibu ibu di RW.010 yang sangat kompak. Saya sih berharap RW lain meniru akan terbentuknya bank sampah. Kalau saja setiap RW ada bank sampah nya, maka selain bernilai ekonomis, memperindah kampung, juga menekan volume sampah” jelas Imron

Ditempat berbeda Bendahara bank sampah Acasia Dian Suroyo didampingi ketua Asmayuna Ibrahim mengatakan, dengan adanya bank sampah di cluster Acasia, sangat membantu sekali dalam pemilahan sampah.

“Kita tau bahwa sampah non organik itu sangat sulit terurai, nah dengan adanya bank sampah kita bisa memilah, sampah non organik bisa kita manfaatkan untuk kreasi seni,”ucap Dian

“Dari jumlah KK d icluster Acasia ada 200 kk, namun yang menjadi nasabah bank sampah hanya 71 kk, semoga saja kedepan akan bertambah lebih banyak lagi,” tutup Asmayuna Ibrahim menambahkan

Diakhir acara kunjungannya, panitia memberikan kejutan untuk Atin Suprihatin yang merupakan istri dari lurah Tirtajaya Mohammad Imron. Ternyata hari ini beliau berulang tahun. Sambil diiringi lagu selamat ulang tahun(jamrud), Atin melakukan pemotongan kueh yang langsung diberikan kepada sang Suami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *