Kepala Kesbangpol, Linmas Jangan Hanya Terlihat Kalau Ada Hajatan Saja

Potretdepok.com, Sukmajaya -Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya Kota Depok mengadakan kegiatan Pembinaan Linmas tingkat RW se kelurahan, bertempat di aula Kelurahan, jalan Waru Raya kp. Sugutamu, pada Selasa (19/10/2021)

Kepala kantor Kesatuan Bangsa dan Politik kota Depok, Drs. M.N. Hakim Siregar. M.SI, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pentingnya peranan Linmas, dalam Kewaspadaan Dini dan pencegahan dini.

“Kewaspadaan dini merupakan serangkaian upaya atau tindakan untuk menangkal segala potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dengan meningkatkan pendeteksian dan pencegahan dini,” ujar Hakim

Lebih lanjut Hakim menambahkan, Linmas jangan hanya ada disaat  tetangga hajatan saja, tetapi harus siap dalam setiap kondisi.

“Memahami bila ada potensi potensi yang akan meresahkan atau yang membahayakan masyarakat. Adanya potensi konflik, potensi kerusuhan, potensi gesekan bernuansa sara, itu Linmas harus memahami,” jelasnya

Hakim menjelaskan tentang dasar hukum  kewaspadaan dini di masyarakat. Salah satunya Permendagri nomor 46 tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri dalam negeri nomor 2 tahun 2018 tentang kewaspadaan dini di daerah.

“Itu salah satu dasar hukum nya, jadi kewaspadaan dini itu sangat penting. Dengan adanya pelatihan ini, semoga kedepannya Linmas bisa lebih waspada dalam menghadapi potensi potensi yang ada di wilayahnya masing-masing,” ungkapnya

Masih ditempat yang sama lurah Mekarjaya Zainal Arifin, turut menyampaikan peranan Linmas dalam menjaga lingkungan dari segala bentuk ancaman sangatlah penting.

“Saya berharap para Linmas bisa mengambil pelajaran atau bisa menyimak dari arahan para narasumber. Jangan ngantuk, kalau ngantuk cuci muka di belakang. Karena materi pelatihan ini sangat penting,” tutup Zainal

Hadir dalam kegiatan tersebut, lurah Mekarjaya Zainal Arifin, kepala kantor Kesbangpol Hakim siregar, Kanit Bin mas Polsek Sukmajaya Iptu Saifullah,  Kasie Pem mekarjaya Darmawan, serta Linmas RW se kelurahan Mekarjaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *