Kelurahan Mekarjaya Konsen Mengatasi KDRT

Potretdepok.com, Sukmajaya- Kelurahan Mekarjaya, kecamatan Sukmajaya, melaksanakan acara Pembinaan dan Pelatihan Satuan Tugas Kelompok Kegiatan Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga selama 3hari (10 – 12/11/2021), di aula Kelurahan, jalan Waru Raya kp.Sugutamu Depok.

Lurah Mekarjaya Zainal Arifin mengatakan PKDRT memang banyak terjadi dimasyarakat, untuk itu kelurahan Mekarjaya konsen mengatasi permasalahan tersebut dengan mengedukasi kepada beberapa kelompok masyarakat.

“Ada PKK , ada Posyandu, Poswindu, Karang Taruna, pokja 1, semua dengan perwakilan nya. Agar mereka paham langkah apa yang harus diambil bila terjadi di masyarakat,” ujar Zainal, Kamis (11/11/2021)

Dikatakan nya, untuk penguatan para kader, mereka telah dibuatkan SK RW Poktan di wilayahnya masing-masing. Yang memang secara struktural dijabat oleh ketua RW.

“Mereka sudah mempunyai payung hukum. Mekanisme yang diambilpun mereka sudah paham penyelesaian masalah nya,” ungkapnya

Zainal menambahkan dalam tahun 2021 ada 1 kasus yang dilaporkan kepadanya tentang Kekerasan dalam rumah tangga. Namun di tahun 2019 ada 4 kasus.

“Ada kekerasan terhadap anak, ada kekerasan terhadap ibu, dan yang menarik ada kekerasan terhadap suami. Tapi ini semua sudah diselesaikan di tingkat RW. Untuk payung hukumnya ada UU no.23. Bagi setiap orang yang mendengar maupun melihat kejadian kekerasan dalam rumah tangga, agar diupayakan bisa membantu menyelesaikan nya, apabila berada di ranah umum,” tutup Zainal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *